Selamat Ulang Tahun, Ayah

Gue was-was setiap mulai memasuki bulan Februari. Bukan, bukan karena gue nggak lancar boker, juga bukan karena gue khawatir bakal ngerayain valentine sendirian karena gue gak punya pacar (meski dalam hati sebenernya iya), tapi karena pria yang paling gue cinta merayakan hari jadinya. Ayah…

Dari jaman dulu, gue selalu berusaha untuk ngasih kado sama beliau meski gue tau kalo hadiah dari gue gak sebanding meski hanya secuil pun dengan doa dan pengorbanan yang beliau beri. Tapi yang penting kan niatnya. Hehehe B)

Pernah satu kali, gue ngasih gambar ke beliau sebagai hadiah ulang tahun. Waktu itu, gue belum sekolah, eh atau masih TK nol kecil ya? Gue lupa. Yang jelas, gue gambar pemandangan gunung dan hamparan sawah dengan rombongan burung dan sebuah matahari yang gede di atasnya. Waktu itu gue ngerasa kalo itu adalah mahakarya yang gak ada duanya. Bagussss banget! Meski kalo gue lihat sekarang, lebih mirip gambar ulet yang kepanasan dengan dua punuk di badannya. Gue ngasih kado itu karena terinspirasi dari lukisan ayah yang –SUMPAH- bagus banget. Maka dari itu, gue mau menjajal bakat-yang-gue-kira-turun-ke-gue-yang-ternyata-enggak itu. Jadilah gue hari itu sebagai seniwati cilik dengan dunia penuh dengan ke-sok tau-annya menyiksa kertas gambar dengan coretan laknat itu. Gue juga mencekik spidol warna ayah gue dengan mengeksploitasi isinya. Jelas banget kalo gak bisa diperbaharui. Setelah gue selesai mewarnai gambar (kalo masih bisa disebut gambar), bisa ditebak kalo spidol-spidol malang itu udah gak bernyawa lagi.

Ayah pulang kerja, gue lari ngibrit nyambut ayah sambil megang mahakarya gue dan dengan binalnya gue kasih liat gambaran itu ke ayah. Beliau senyum dan bilang,”waaahh.. bagus banget! Ini ibu yang buat ya?”. Gue dengan gigi ompong di depan teriak gak terima,”bukaaaann! Aku kok yang buaat”. Cemberut-cemberut dikit. “Ohh… bagus banget! kirain ibu yang buat”, kata Ayah sambil ngeliatin gambar gue takjub. Gue senyum-senyum bangga. Dan sekarang gue baru sadar kalo ayah emang pinter banget bohong, atau gue yang mudah dibohongi? -_-

Pasca acara “kasih liat gambar”, gue balik ke rutinitas gue. Main. Sampe suatu hari…

“Buuu, ini spidol kok abis semua? Lupa ditutup ya?”

“Iyaaaaa”

“Kalo abis pake spidol, mbok ya ditutup to, Bu”

“Anakmu itu lhoooooooo”

Gue cuma stekul sok-sok gak tau.

Itu cerita 13 tahun yang lalu (well, kenapa mesti 13 sih? #abaikan). Dan sekarang adalah cerita 13 tahun setelah ulang tahun ayah 13 tahun yang lalu. Muter-muter -_-

Hari ini ayah ulang tahun. Dan masalahnya masih tetap sama, kado apa yang mesti gue kasih ke beliau. Berhubung gue udah sadar banget kalo gue gak bakat menggambar, gue coret pilihan “gambar” dalam list kado of the week. Next, gue mau beli sepatu. Kalo gue beli sepatu, ayah jarang pake sepatu. Kalo pun gue mesti beli, meski gue nabung dari lebaran tahun kemaren juga kayaknya duit gue gak bakal cukup. Lha wong gue pake terus buat beli mie ayam. Kalo gue beli kemeja, takutnya tar dikira ayah gue ngasih kain lap baru untuk mobil. Padahal kan yang ulang tahun ayah, bukan mobil. Kalo gue beli ikat pinggang, gue takut tar beliau membasmi cicak di rumah dengan ikat pinggang itu. Salah-salah adek-adek gue tar yang kena sabet. Lantas apa? Gue semedi di wc agar mendapat ilham. Dan gue boker! Eh, dapet ilham!

Gue mau ngasih kado… JENG JENG JENG! JUDIII!! Lho?

Gue mau ngasih kado PUISI! Mangstappp…

Gue mulai corat coret di notebook gue. Proses ini berlangsung di sekolah diwarnai dengan canda tawa sama temen-temen gue, Dyer, Doni dan Fajriandi. Setelah merenung dan termenung, akhirnya, selesai juga puisi nanggung untuk ayah yang -gue tau- bakal bingung. Biarlah, meski gue gak sehebat beliau dalam hal tulis menulis puisi, tapi tetep, yang penting niatnya.

Penyampaian puisi gue lakukan lewat telpon. Sore-sore gerimis, abis gue pulang sekolah, gue nelpon beliau. Eiss, pulsa gue abis. Gue sms Doni request kirimin pulsa. Dan baru dibales Doni pas mau maghrib. Alhasil, gue nelpon ayah abis maghrib.

5 Februari 2011, 19.48

Tuuuuttt.. tuuutt…

Gue : halo?

Ayah : halo?

Gue : happy birthdaaaaayyyyy…

Ayah : iyaaaa.. happy birthday

Gue : lho? -_-

Be, aku punya kado

Ayah : apaan?

Gue : puisiii B)

Ayah : owowowowww… mana? Kirim yaaa

Gue : yeee.. aku mau bacaaaa

Ayah : wogh! Okee. Bacaa bacaaa

Gue : ehemm ehemm. Dengerin yaaa

Ayah : oke!

Gue : judulnya Ayah Juara Satu Seluruh Dunia

Ayah : uwwoooooowowowowowowoo

Gue : -_-

Gue bacain puisi yang udah gue buat. Ayah dengerin sambil bilang “hemm..” ditiap baris yang gue bacain. Berikut adalah puisi yang gue bacain buat ayah

Ayah Juara Satu Seluruh Dunia

(17 tahun Dia titipkan ruh dalam ragaku, 17 tahun kau warnai tiap napasku, 17 tahun doamu mengalir dalam denyut jantungku. Ini hanya sebuah persembahan kecil yang tak sebanding dengan pengorbananmu selama 17 tahun hidupku)

Dia yang lukiskan pelangi

Memberi warna di dalam hari

Dia yang kenalkan hangatnya mentari

Keringkan luka di dalam hati

Dia yang ajarkan cinta

Peringatkan luka serta derita

Ya, dialah sang seniman cinta

Lalu dia kisahkan cerita

Ketika kubuat dosa pertamaku

Goresan dalam kertas putihku

Hingga penuh sampai seribu

Dia justru tertawa haru

Membuatku malu

Dialah orangnya

Meski dalam diam ia bicara

Dialah orangnya

Sang seniman cinta

Dialah orangnya

Yang paling gula

Dialah ayahku yang paling kucinta

Ayah juara satu seluruh dunia

Ayeeeeyyyy!!!!

Gue lega banget udah bacain puisi ini buat ayah. Ayah ketawa ketawa dan tepuk tangan.

Gue : romantis kaaaann?? Hahaha

Ayah : iya iya. Yeee. Makasih yaaa

Gue : sama samaaa

Gue ngelanjutin telponan sama adek gue yang paling kecil, galuh. Gue dengerin cerita adek gue yang gak nyambung abis sama topik apapun. Kalo di pembukaan dia ngomongin soal kucing, pertengahan dia ngomongin terong dan di akhir dia ngomongin tipi. Wehh.. gak nyambung -_-

Setelah gue capek dengerin kicauan adek gue, akhirnya dia nutup telpon dan gue langsung ngadep ke buku soal yang gue hadepin. Gue pandangi foto ayah gue, gue ambil dan gue peluk. Gue mejemin mata. Entah, gue juga gak tau kenapa gue nutup mata. Tapi gue ngerasain butiran air mata di pipi gue. Hangat. Ya Tuhan, begitu aku mencintai pria ini. Lindungi dia dan masukan dalam nikmat surga-Mu ya Allah…

Advertisements

2 thoughts on “Selamat Ulang Tahun, Ayah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s